Rangkuman metabolisme

Aktivitas kelenjar keringat ada di bawah pengaruh pusat pengatur suhu badan dan sistem saraf pusat. Temperatur Enzim tersusun dari protein, maka enzim sangat peka terhadap temperature, temperature yang tinggi dapat meyebabkan denaturasi protein sedang temperature yang rendah dapat menghambat reaksi.

Total ATP yang dihasilkan dari respirasi selluler adalah sebagai berikut: Asam lemak bebas akan menembus jaringan lemak atau sel otot untuk diubah menjadi trigliserida kembali sebagai cadangan energi. Dicari lagi! Asam amino esensial ialah asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh.

Reaksi pembentukan glukuronat dari glukosa melibatkan uridin mukleosida sebagai kofaktor. Dalam makhluk hidup, sel merupakan unit penyusun terkecil.

Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi, maka asam lemak mengalami esterifikasi yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi jangka panjang.

Ginjal Ginjal adalah organ utama dalam sistem ekskresi. Ginjal mengeluarkan urea, kelebihan air, dan material sampah lainnya dalam bentuk urine.

Tahapan respirasi sel meliputi glikolisis, pembentukan asetil KoA, siklus Krebs, dan transpor elektron. Kedua reaksi terjadi di kloroplas. Glukosa dan galaktosa memasuki aliran darah dengan jalan transfer aktif, sedangkan fruktosa dengan jalan difusi.

Fungsi pengaturan dekarboksilasi? Untuk beberapa asam amino seperti tirosin dan fenilalanin, hanya sebagian dari rantai karbonnya yang digunakan untuk mensintesis glukosa karena sisa 17 P a g e rantai karbon di ubah menjadi asetil koa yang tidak dapat digunakan untuk sintesis glukosa Burnama, Temperature yang optimum enzim adalah t.

Rangkuman Katabolisme - Rangkuman Metabolisme(Katabolisme...

Pembentukan asam glukoronat dari glukosa 6-fosfat merupakan tahap reaksi pertama jalur metabolisme glukosa yang akan menghasilkan L-gulonat, dimana L-gulonat berperan sebagai senyawa antara dari jalur metabolisme maupun sebagai perazat untuk biosintesis asam askorbat vitamin C yang terjadi dalam tumbuhan dengan bantuan enzim L-glukonolakton dehidrigenase.

Ribosa merupakan merupakan komponen yang penting dalam asam nukleat. Fotosintesis merupakan peristiwa anabolisme penyusunan karbohidrat, terutama dilakukan oleh tumbuhan hijau. Glikolisis terjadi melalui 10 tahapan yang terdiri dari 5 tahapan penggunaan energi dan 5 tahapan pelepasan energi.

Hati Hati ikut berperan dalam sistem pengeluaran karena sel-sel hati berfungsi sebagai tempat perombakan sel-sel darah merah dan menguraikan hameglobin sehingga menghasilkan zat warna empedu bilirubin.

Jika hati telah rusak maka disebut koma hepatikum. Holoenzim, adalah gabungan dari koenzim dan apoenzim. Bagaimana reaksi metabolisme protein? Tumbuhan juga melakukan katabolisme respirasi dan anabolisme fotosintesis dan kemosintesis. Kolesterol juga dapat diproduksi oleh hati dengan bantuan enzim yang disebut HMG Koenzim-A Reduktase, kemudian dikirimkan ke dalam aliran darah.

Sebagaimana suatu mesin kimia, untuk mempertahankan kelangsungan hidup mesin tersebut, sel mengonsumsi bahan bakar berupa makanan terutama glukosa dan membebaskan hasil berupa energi dan zat sisa berupa karbon dioksida dan air.

Berdasarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu reaksi, maka enzim dapat di golongkan menjadi dua, yaitu: Katabolisme adalah reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim.

Reaksi ini terjadi di dalam stroma. Konsentrasi Substrat e. Letak ginjal di daerah pinggang, tepatnya di perut bagian belakang dan dilindungi tulang-tulang rusuk.

Reaksi NADP terjadi didalam sel, dan disebut dehidrogenase. Kemosintesis dapat dilakukan oleh bakteri kemosintetik. Tiap reaksi dalam proses glikolisis ini menggunakan enzim tertentu: Kemosintesis dilakukan oleh mikroorganisme seperti bakteri belerang Begiota, Thiotrixbakteri nitrit Nitrosomonasbakteri nitrat Nitrosobacterdan bakteri besi Cladotrix.

Jelaskan komponen apa yang berperan dalam menangkap cahaya matahari sebagai sumber energi.

Sistem Ekskresi Pada Manusia

Oleh karena itu, hasil akhir total dari siklus Krebs tersebut adalah 2 kalinya. Tahapan dalam respirasi aerob, meliputi glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, daur Krebs, dan transfer elektron. · hal yang paling sering dibahas dalam materi metabolisme salah satunya wacana katabolisme karbohidrat, protein dan lemak.

selanjutnya kita akan pelajari rangkuman metabolisme dalam wacana materi ini pada katabolisme pdf berikut ini. Baca juga: Rangkuman Materi Anabolisme Rangkuman. · Proses ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat sampah dari sel, jaringan, dan tubuh manusia. Proses ini terjadi karena proses metabolisme tubuh menghasilkan zat-zat sampah seperti karbondioksida, amonia, urea, asam urat, atau bahkan air.

Zat-zat sampah ini apabila dibiarkan menumpuk di dalam tubuh akan meracuni dan berbahaya bagi tubuh. Rangkuman Materi Metabolisme Sel By Mediabahasan Posted on 19 Mei Pengertian metabolisme sel. Metabolisme adalah serangkaian reaksi biokimia dalam sel organisme hidup.

Pada metabolisme juga terjadi pertukaran zat dan energi antara sel dengan lingkungannya dan pertukaran zat dan energi yang terjadi dalam sel. Metabolisme terbagi menjadi Author: Mediabahasan. · Rangkuman Materi Metabolisme Kelas XII BAB METABOLISME * Metabolisme adalah seluruh reaksi kimia yang dilakukan oleh organisme.

Metabolisme juga dapat dikatakan sebagai proses yang dilakukan oleh sel untuk mengatur sumber daya materi dan energy yang ancientmarinerslooe.com: Biologi. · i dalam tubuh manusia terjadi metabolisme. Metabolisme merupakan proses molekul suatu zat dalam sel dari bentuk sederhana ke bentuk kompleks atau sebaliknya.

Metabolisme tidak menghasilkan bahan-bahan yang bermanfaat bagi tubuh. Jika bahan-bahan tersebut terus berada di dalam tubuh kita, akan terjadi ketidakseimbangan kimia di dalam tubuh kita. Metabolisme adalah keseluruhan reaksi kimia yang berlangsung di dalam ancientmarinerslooe.compa reaksi tersebut menggunakan energi dan beberapa reaksi yang lain melepaskan energi.

Anabolisme adalah proses penyusunan senyawa kimia sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks. Energi yang digunakan dalam anabolisme dapat berupa energi cahaya atau energi kimia.

Rangkuman metabolisme
Rated 5/5 based on 45 review