Jurnal ukuran lingkar pinggang dan obesitas

Lemak yang berlebih, biasanya menumpuk di sekitar perut. Correlates of age onset of type 2 diabetes among relatively young black and white adults in a community.

Menurutnya, faktor pemicu kegemukan adalah faktor genetik atau keturunan. Chuechill, Livingstone; Perut buncit atau obesitas sentral sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan bahkan kematian Lingkar pinggang lebih akurat untuk mencerminkan obesitas sentral pada orang dewasa dibandingkan dengan indeks massa tubuh.

Nutritional knowledge, practice and dietary habits among school children and adolescents.

Obesitas Ditentukan dari Ukuran Lingkar Pinggang

Bagaimana cara mengukur lingkar pinggang Anda? Kondisi ini menyebabkan mahasiswa berpotensi menderita obesitas.

Universitas Andalas; Di sekitar perut inilah, lokasi dari sebagian besar lemak yang tersimpan pada tubuh. The increased circumference of waist and waist-hip ratio describe intra-abdominal fat which is associated with a number of metabolic disorders such as diabetes mellitus.

Waist circumference as ameasure for indicating need for weight management. Melebihi dari angka tersebut dapat dikatakan memiliki perut buncit atau obesitas sentral. Arch Intern Med ; Pengukuran lingkar pinggang dapat dijadikan gambaran terhadap kadar lemak yang ada di sekitar perut atau lemak viseral.

Berapa Batas Maksimal Ukuran Lingkar Pinggang yang Sehat?

The Asia-Pacific perspective: Asupan energi, karbohidrat, serat, beban glikemik, latihan jasmani dan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2. New York: Fahmida, Dillon.

Fakta lain yang agak menyebalkan, karena tubuh ternyata mampu menyimpan lemak dalam jumlah tidak terbatas. Perbanyak makan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dibandingkan dengan makanan tinggi lemak jenuh. Bila jarak antara ibu jari dengan telunjuk lebih dari 2,5 cm, maka Anda termasuk obesitas.

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang; Tubuh menjadi lebih resisten terhadap insulin dan dapat meningkatkan kadar gula darah yang berakibat pada penyakit diabetes melitus.

Universitas Brawijaya; The result of study showed that optimal cut-off point of waist circumference to identify subjects with multiple risk of MS was 85 cm for Indonesian men and 83,5 for Indonesian women. Didapat dari: Beberapa sumber mendefinisikan sindrom metabolik menggunakan ukuran lingkar pinggang yang berbeda yang belum tentu sesuai apabila diterapkan untuk populasi Indonesia.

Prevention Chronic Disease, 4 3A Sampel terdiri dari American Journal of Clinical Nutrition, 85, Journal of Nutrition and Food Sciences, 5 55. Naeeni, MM. Diperlukan penelitian lanjutan untuk dapat melihat faktor-faktor yang berperan terhadap obesitas di kalangan mahasiswa.

Fitri RI, Yekti W. Selalu konsumsi makanan yang rendah kalori, rendah lemak serta tinggi serat. Obesity in year-old subject as arisk factor for coronary heart disease incidence. Prevention of overweight and obesity. Pada orang yang memiliki berat badan normal namun lingkar pinggang yang besar, maka ia memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit dibandingkan dengan orang dengan lingkar pinggang yang normal.adalah S, dan variabel independen adalah ukuran lingkar pinggang.

Analisis statistik yang digunakan adalah Receiver operating characteristic (ROC) curve dengan software analisis data.

ancientmarinerslooe.com - Umumnya berat badan ideal seseorang tercapai di masa remaja, dan perlahan akan bertambah sejalan bertambahnya usia. Fakta lain yang agak menyebalkan, karena tubuh ternyata mampu menyimpan lemak dalam jumlah tidak terbatas. Jadi, seberapa banyak pun lemak yang masuk, tubuh siap menampung.

Bila jarak antara ibu jari dengan telunjuk lebih dari 2,5 cm, maka Anda termasuk obesitas. Atau, untuk menentukan apakah Anda mengalami besar di sekitar perut, ukur lingkar pinggang dengan mencari titik tertinggi di tulang pinggang, lalu ukur lebarnya.

Seorang pria yang berlingkar pinggang lebih dari cm (Indonesia 90 cm) dan perempuan lebih dari 88 cm (Indonesia 80 cm), menunjukkan faktor risiko. Salah satu kriteria sindrom metabolik adalah obesitas sentralis.

Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Beberapa sumber mendefinisikan sindrom metabolik menggunakan ukuran lingkar pinggang yang berbeda yang belum tentu sesuai apabila diterapkan untuk populasi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat nilai titik potong lingkar pinggang yang optimal sebagai salah satu kriteria SM yang sesuai dengan antropometri.

Find what you need on ancientmarinerslooe.com News, gossip, sports - whatever you. Pentingnya lingkar pinggang. Ukuran obesitas dan overweight ternyata tidak hanya bisa diiukur dengan berat badan seseorang namun juga dapat diukur dengan lingkar pinggang.

Pengukuran lingkar pinggang dapat dijadikan gambaran terhadap kadar lemak yang ada di sekitar perut atau lemak viseral.

Jurnal ukuran lingkar pinggang dan obesitas
Rated 4/5 based on 13 review