Jurnal asuhan akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan

Pencapaian peserta KB dari waktu kewaktu juga terus meningkat. Tidak dapat memakai kontrasepsi yang mengandung estrogen i. Hal ini sesuai dengan pendapat Notoatmodjo bahwa masyarakat yang sibuk akan memiliki waktu yang sedikit untuk memperoleh informasi sehingga ilmu pengetahuan yang mereka miliki menjadi berkurang.

Kejadian efek samping KB Pil: Ibu yang menggunakan kontrasepsi hormonal lain dan ingin mengganti dengan kontrasepsi suntikan.

Pil kombinasi ada yang memiliki estrogen dosis rendah dan ada yang mengandung estrogen dosis tinggi. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya untuk dapat menurunkan laju pertumbuhanpenduduk dan angka kelairan yang masih cukup tinggi. Bila lupa 2 pil atau lebih harisebainya minum 2 pil setiap hari sampai sesuai skedul yang ditetapkan.

Dengan demikian semakin tua umur responden maka pengetahuan tentang KB pil akan semakin bertambah pula. Dari uraian ini maka dapat kita simpulkan bahwa bertambahnya umur seseorang dapat berpengaruh pada pertambahan pengetahuan yang diperolehnya, akan tetapi pada umur-umur tertentu atau menjelang usia lanjut kemampuan penerimaan atau mengingat suatu pengetahuan akan berkurang.

Saran yang dapat penulis sampaikan bagi akseptor KB untuk dapat memanfaatkan fasilitas serta sarana dan prasarana yang diberikan oleh petugas kesehatan dalam menurunkan angka fertilitas dan menjarangkan kelahiran bayi salah satunya adalah dengan rutin melakukan menggunakan KB suntik tanpa harus khawatir secara berlebihan terhadap efek samping yang dapat ditimbulkan dari alat kontrasepsi KB seperti KB suntik.

Hamil atau di curgai hamil b. Hal ini bisa dilakukan d engan melakukan kunjungan ke posyandu atau melakukan konseling dengan bidan desa. Namun setiap metode kontrasepsi tentu mempunyai efek samping tersendiri, metode hormonal seperti suntik memiliki efek samping salah satunya adalah perubahan berat badan.

Tingkat intensitas yang terlalu tinggi atau rendah, akan membuat kepatuhan pasien berkurang. Perubahan kenaikan berat badan merupakan kelainan metabolisme yang paling sering dialami oleh manusia. Beberapa kepustakaan menganjurkan pil sekuensial pada keadaan hipoetriogenik, haid tidak teratur, haid sering terlambat dan jerawat.

Program KB yang didasarkan pada Undang-undang. Analisa data univariat dan bivariat, yaitu dengan menggunakan uji-t. Saifuddin, Cara mempergunakan pil KB kombinasi adalah sebagai berikut: Berbeda dengan responden yang bekerja, mereka akan lebih sedikit mempunyai waktu luang untuk mengakses pengetahuan terutama yang berhubungan dengan KB pil.

Pendidikan pasien dapat meningkatkan kepatuhan sepanjang pendidikan tersebut merupakan pendidikan yang aktif, seperti penggunaan buku dan lain-lain. Khasiat pil sekuensial adalah menghambat ovulasi.

Tahu merupakan tingkatan yang paling rendah karena tingkatan ini hanya mengingat kembali recall terhadap suatu spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang diterima. Usia reproduksi b.

Database connection failed!

Beberapa paket pil mempunyai 28 pil yang lain 21 pil. Sarwono, P. Intelegensi bagi seseorang merupakan salah satu modal untuk berfikir dan mengolah berbagai informasi secara terarah sehingga ia mampu menguasai lingkungan Khayan, Mulai hari pertama sampai hari ke-7 siklus haid c.

Keluangan waktu yang dimilikinya membuat responden bisa lebih leluasa mengikuti penyuluhan kesehatan yang diadakan oleh tenaga kesehatan dan punya waktu lebih banyak dalam mengakses informasi tentang KB pil.

Seseorang akan cenderung meremehkan suatu kebiasaan katika pengetahuan tentang kebiasan tersebut tidak begitu dipahami. Saifuddin, c. Dosis estrogen ada yang 0,05; 0,08 dan 0,1 mg pertablet.

Kembalinya kesuburan terlambat, perlu untuk ibu muda yang ingin menunda kehamilan d. Nomor 10 tahun tentang perkembangan kependudukan danperkembangan keluarga kecil sejahtera yang serasi dan selaras dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.Ely, dari 10 wanita tersebut 6 akseptor KB suntik 3 bulanan mengalami kenaikan berat badan.

Tujuan dari Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan lama penggunaan KB suntik 3 bulan dengan kejadian kenaikan beratAuthor: Murniawati dan Sri Endang Wahyuningsih. Pada tahunorang dengan kegemukan di dunia berjumlah 2,1 miliar dan Indonesia masuk urutan 10 besar. Penggunaan alat kontrasepsi suntikan dan pil di Indonesia merupakan alat kontrasepsi yang menjadi pilihan utama oleh pasangan usia subur.

Jurnal Ilmu Keperawatan Darmawati dan Zahra Fitri ISSN: 1 HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN PADA AKSEPTOR KONTRASEPSI HORMONALAuthor: Darmawati Darmawati.

ยท Selain itu penyuluhan pada akseptor KB pil tentang pentingnya melakukan keteraturan pengkonsumsian bisa dengan cara penyuluhan melalui posyandu. Dari uraian diatas peneliti tertarik untuk meneliti mengenai hubungan pengetahuan akseptor KB pil tentang pil KB dengan kepatuhan mengkonsumsi di BPS Ny.

kenaikan berat badan dengan lama pemakaian alat kontrasepsi hormonal wilayah kerja puskesmas pembantu sungai mengkuang tahun DMPA dengan peningkatan berat badan pada akseptor di Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta tahun dan keeratan hubungan antar variabel adalah sedang.

Saran bagi bidan, agar menyampaikan efek samping pemakaian KB suntik DMPA.

Jurnal asuhan akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan
Rated 0/5 based on 91 review