Diet pengaturan makan pada atlet remaja.pdf

Olahraga aerobik dan anaerobik, keduanya memerlukan asupan energi.

Minum air sebanyak — cc, pada waktu 30 — 60 menit sebelum pertandingan dan saat istirahat diantara pertandingan sangat dianjurkan. Atlit dari cabang olahraga tertentu yang bertanding dalam jangka waktu lama atau bertanding pada cuaca panas saat beresiko untuk kehilangan cairan lebih banyak.

Ini membutuhkan energi yang sangat banyak, untuk itu karbohidrat dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dilakukan agar atlit bisa terhindar dari hidrasi yang berlebihan sehingga dapat mengakibatkan kekurangan cairan dan fatalnya dapat menyebabkan penyakit hepatitis atau lebih dikenal dengan sakit kuning.

Karbohidrat ini akan cepat terpakai pada saat berlatih dan bermain. Diposting oleh. Makalah ini berisi beberapa informasi tentang bagaimana pengaturan gizi makanan seorang atlet semoga dengan adanya makalah ini dapat menambahkan pengetahuan pembaca tentang pengaturan makan dan supply gizi atlet.

Pengaturan gizi pada atlet juga meliputi pengaturan makan pada masa latihan. Jadi sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk rajin berolahraga. Padahal menurut Clark, buah kering ini memiliki portabilitas, kepadatan nutrisi, dan karbohidrat yang baik dan menjadi pilihan makanan yang sehat.

Protein yang ditambahkan dalam salad ini berfungsi untuk menambah energi dan perbaikan otot. Usahakan agar makanan yang dikonsumsi sebelum bertanding sudah dikenal dan etlit sudah terbiasa dengan makanan tersebut, hal ini dilakukan agar nafsu makan atlit tetap terjaga agar asupan gizi yang dibutuhkan oleh atlit sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun prinsip pengaturan makan pada saat latihan adalah: Makanan harus meliputi unsur karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Meskipun bisa juga mengantungkan selamanya pada penggunaan obat-obatan diabet, namun jelas lebih aman bila ada keseimbangan dalam diet makanan.

Pemberian suplemen makanan karbohidrat bisa berupa cairan ataupun padat tergantung kesukaan atlet dan jenis olahraganya. Pola makan kali sehari dengan 3 kali waktu makan utama disertai selingan bisa digunakan oleh atlet selama di pelatnas.

Pada tahap ini kondisi fisik tetap dipertahankan, latihan fisik diarahkan pada pengembangan fisik disesuaikan dengan cabang olahraga yang diikuti. Seminar nasional gizi dan olahraga. Pemakaian suplemen protein pada atlet dipercaya dapat meningkatkan ukuran otot sehingga kekuatan otot akan bertambah dan dapat mengurangi lemak tubuh.

Connor O. Lebih khusus lagi pengaturan makanan harus disesuaikan dengan aktifitas penderita diabetes.8. Makan jenis makanan yang kaya kalsium untuk atlet wanita, terutama pada atlet yang mengalami gangguan menstruasi atau amenorea. 9.

Makan jenis makanan yang kaya zat besi terutama atlet wanita dan yang vegetarian. Pengaturan makan atau diet hendaknya dapat diterapkan oleh semua atlet Indonesia. Pengaturan gizi yang meliputi pengaturan makan ini hendaknya dapat disosialisasikan di Author: Silla Blog. Pada saat bertanding perlu tambahan cairan (minum air putih/ jus buah) untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat sehingga dapat mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh (dehidrasi).

Sedangkan pengaturan makan setelah pertandingan ditujukan untuk mempertahankan serta meningkatkan status gizi dan kondisi fisik pemain.

Pengaturan diet makanan adalah faktor penting pada penderita diabet, karena ini juga menjadi kunci dalam menjaga kadar gula darah.

Meskipun bisa juga mengantungkan selamanya pada penggunaan obat-obatan diabet, namun jelas lebih aman bila ada keseimbangan dalam diet makanan. Das moderne 2-er Set Beistelltische CALA überzeugt durch seine Optik.

APENGATURAN MAKAN PADA ATLET Oleh: DR. dr. Zainal Abidin, DSM Internist, SPGK.

PENGATURAN MAKAN PADA ATLET

Seorang atlet yang mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang secara terencana akan berada pada status gizi baik dan mampu mempertahankan kondisi fisik secara prima. jadi diet adalah dimana adanya pengaturan pola makan, baik ukuran, porsi dan kandungan gizi dari asupan yang dikonsumsi serta adanya pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan, mencapai status gizi .

Diet pengaturan makan pada atlet remaja.pdf
Rated 5/5 based on 56 review