Berat badan itik alabio jantan

Ciri-ciri itik Mojosari, antara lain: Warna bulu putih mulus tanpa variasi baik jantan maupun betina, dengan kaki dan paruhberwarna kuning. Masa bertelur Pertama tersebut selama 9 bulan, dilanjutkan dengan masa non produktif 3 bulan. Warna kerabang telur itik ini yaitu hijau kebiruan.

Pada itik jantan terdapat bulu ekor melengkung ke atas 3. Kebutuhan produksi bibit dalam jumlah besar, tidak dapat dipenuhi dengan pemeliharaan itik secara tradisional, melainkan harus dilakukan intensif. Itik ini merupakan hasil silangan itik Jawa dengan itik Roven dari Perancis.

Setelah berumur 6 bulan itik alabio mulai bertelur. Pada jenis jantan, warna bulu cenderung gelap.

Keunggulan Jenis Itik Petelur Mojosari Dan Alabio

Itik ini biasanya mempunyai gombak atau jambul diatas kepalanya. Posisi badan tidak terlalu tegak dengan sudut kemiringan 60 derajat.

Dibuktikan dengan tabel yang merupakan hasil laporan tahunan Dinas Peternakan Kalimantan Selatan. Bulu ekor coklat bercak hitam. Itik Alabio adalah itik persilangan itik Kalimantan dengan Itik Peking. Berat badan bobot badan itik alabio dewasa atau umur 6 bulan pada betina 1,60 kg dan jantan 1,75 kg.

Agar masyarakat tahu cara beternak itik Alabio 3. Sementara untuk air minum diberikan secara ad libitum yang diletakkan di bagian luar kandang. Sayap menempel pada badan dan ujung bulu-bulu saling menutupi di atas ekor 7. Warna bulu kebanyakan merah tua coklat.

Sayap terletak tinggi dan rapat di tubuh. Bagaimana cara beternak itik Alabio? Warna bulunya biasanya putih atau belang putih. Itik betina dewasa memiliki bulu hitam - putih pada kepala bagian atas; cokelat keabuan pada bagian punggung, dada, dan sayap dengan ekor lurus ke belakang.Berat badan itik dewasa rata-rata 1,7 kg Itik Mojosari adalah itik petelur yang sering di budidaya oleh para petani karena produksi telurnya banyak.

Budidaya itik ini menguntungkan karena mudah dalam pemasaran dengan telurnya besar dengan rasa telur enak. Berat badan bobot badan betina umur 6 bulan 1,60 kg dan jantan 1,75 kg. Produksi telur rata-rata butir/ekor/tahun.

Berat telur rata-rata g/butir Warna kerabang telur putih kehijauan.4,5/5.

6 Jenis Bebek Petelur Ungulan Terbaiik Untuk Dibudidayakan

Usaha budidaya itik Alabio sebagai itik petelur, memiliki potensi yang menggiurkan dengan tingkat produksi telur itik Alabio sendiri cukup bagus yaitu berkisar antara butir per tahunnya dengan berat rataan berkisar 70 – 80 gram. Selain itu, pertumbuhan berat badan itik Alabio tergolong cepat. Kemungkinan itik alabio adalah hasil persilangan antara itik peking dengan itik lokal, hal ini terbukti adanya kemiripan seperti, sikap dan bentuk badan, bentuk leher, bentuk kepala, warna kaki dan paruh yang sama-sama kuning, akan tetapi ukuran itik alabio lebih kecil dari itik peking (Rahardi dan Kastyanto, ).

Secara tradisional, itik alabio dipelihara di daerah rawa yang banyak terdapat. 2 Grafik pertumbuhan bobot badan itik Alabio yang dipelihara berdasarkan jenis kelamin dan bobot tetas kecil, sedang dan besar 7 3 Grafik pertambahan bobot badan jantan, betina dan.

Itik ini hasil dari persilangan itik Kalimantan dengan itik Peking (itik pedaging). Dulu hewan unggas ini merupakan itik liar yang mempunyai nama itik banar atau itik bujur, mempunyai nama alabio diberikan oleh seorang ilmuan yang bernama drh.

Berat badan itik alabio jantan
Rated 5/5 based on 14 review